Langsung ke konten utama

Pengalaman Tak Terlupakan~

Sekarang aku mengerti kenapa banyak orang bilang “JANGAN NAIK BIS RESTU” selain supirnya yang ugal-ugalan ternyata juga banyak copet dalam bis itu.

ini ceritaku 01 Juni 2014

tepat pukul 00.00 WIB aku sampai di probolinggo, saat itu aku baru pulang liburan dari rumah nenek. Aku pulang sendirian karena mamaku masih ada urusan di rumah nenek. Saat sampai terminal probolinggo bisku di oper ke bis lain karena bermasalah. Bis baru yang aku naikin adalah bis restu, pada saat itu penumpang sangat penuh dan aku kebagian tempat duduk di nomer 3 dari belakang di kursi 3. Sebelum aku duduk ada 2 laki-laki yang sudah duduk ditempat itu dan aku disuruh masuk duduk di dekat candela. Kurang lebih 5 menit setelah keberangkatan bis, seorang laki-laki yang duduk dibelakangku kehilangan dompetnya, ia bilang kepada kondektur bis tapi sang kondektur tidak menghiraukannya.
perasaan mulai tidak enak melihat orang-orang sekitar berdesak-desakan yang mayoritas adalah kaum adam. Perjalanan masih jauh kurang 1/2jam lagi, ada seseorang yang mau turun di daerah leces dan saat dia menggerogoh sakunya dia teriak kepada supir bis jika dia kehilangan dompetnya, saku celana orang itu sobek seperti terkena silet atau benda tajam sejenisnya. Mataku terfokus pada satu orang yang berdiri tidak jauh dari tempat dudukku, menurut fellingku dialah pelakunya. aku terus mengikuti gerak gerik tangan jail tersebut, saat ku sadari ternyata pencopet dalam bis itu tidak 1 tapi lebih, itu terlihat saat orang yang aku curigai pertama memberi isyarat atau kode kepada teman pencopet yang lain. Dalam perjalanan tersebut lampu di dalam bis tidak dimatikan, mungkin si sopir mempersempit kerja pencopet2 yang ada di dalam bisnya itu. Tapi tidak bagi si tangan-tangan jail tersebut mereka tetap saja bingung mencari mangsa, muka-muka gelisah sangat tampak termasuk 2 orang yang duduk disebelahku. Mereka pura-pura tidur menunduk dan terus mendempetku, kaki seorang lelaki disebelahku terus-terusan menginjak kakiku. Perasaan takut dan deg-degan menghantuiku, bacaan-bacaan surat-surat pendek terus ku ucapkan dalam hati, tas aku dekap erat2. Tak lama kemudian seorang lelaki yang duduk bersamaku tangannya mulai masuk didalam sela-sela kursi di depannya, tapi untungnya seorang bapak-bapak yang menjadi incarannya itu sadar dan langsung menoleh ke arahnya lalu ia mengambil dompet yang ada di saku belakangnya untuk di titipkan ke istrinya yang berada di sebelahnya. Sang pencopet itupun langsung pindah duduk di tempat lain dan digantikan dengan temannya yang lain. Ada seorang ibu-ibu pindah tempat duduknya mungkin karena dia mulai merasa tidak aman, tapi ada seorang laki-laki yang terus mengawasi dan mengikuti ibu tersebut. Orang yang membuka dan menutup pintu bis bagian belakang itu juga termasuk dalam geng tangan jail kali ini, dia selalu mengawasi orang yang baru naik bis dan memberikan kode kepada teman-temannya yang lain. Saat aku lihat keadaan sekitar, 90% penumpang tertidur lelap hanya sekitar 4 orang yang tidak tidur dan itu termasuk aku. Pencopet-pencopet itu mukanya beragam, ada yang terlihat sekali kalau dia preman dan ada juga yang sangat tampan tidak terlihat jika dia adalah seorang pencopet. Duh untung aku sudah sampai di terminal lumajang, dengan hati-hati aku turun dan terus mendekap erat tasku, aku tidak berani berbuat apa-apa karena saat itu aku sedang sendirian dan aku adalah seorang gadis perempuan yang punya resiko sangat tinggi. Aku dijemput ayah, lalu akupun bercerita kepadanya apa yang aku alami barusan, untungnya aku tidak kena sasaran tangan-tangan jail tersebut. Ayah juga bilang kalo pencopet-pencopet itu beraksi sekitar probolinggo-tanggul dan bis yang dia naiki selalu bis Restu, dia juga bilang biasanya sopir dan kondektur bis restu itu termasuk komplotan para pencopet tersebut. Tidak heran juga kalo bis restu sering kecelakaan itu dikarenakan sopirnya adalah seorang preman, bukan sopir yang professional. Teman mama pernah bilang ke mama dulu saat aku masih magang di Surabaya, aku kan sering tuh berangkat dari rumah ke Surabaya jam 3 pagi, dia bilang jangan sampai aku naik bis restu karena dia pernah mengalami penumpang-penumpangnya di todong untuk memberikan semua barang bawaan yang berharga. ya begitulah ulah tangan-tangan jail, mencoba mencuri secara halus tidak berhasil, aksi nekatpun dia lakukan.
Untuk teman-teman yang sering berpergian naik bis, hati-hati ya… sebenarnya bukan di bis restu saja yang banyak pencopetnya, di bis lain juga tapi kebanyakan memang di bis restu. :D dan kalau bisa jangan berpergian tengah malam sendirian karena itu sangat berbahaya. Jika kalian melihat kejanggalan saat naik bis, diamlah saja pura-pura tidak tau karena jika kalian berteriak, nyawa kalian akan terancam. Jangan lupa selalu berdoa minta perlindungan kepada allah SWT karena hanya dia yang mampu melindungi kita setiap saat.
Terimakasih J


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat, Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Mulsa Plastik

Mulsa plastik atau sering disebut juga mulsa plastik hitam perak (MPHP) adalah lembaran plastik khusus dengan dua sisi yang berbeda warna, yaitu hitam dan perak. Mulsa plastik digunakan untuk menutupi lahan tanaman budidaya untuk mencegah pertumbuhan gulma, menjaga kelembaban tanah, menjaga struktur tanah, mencegah erosi permukaan tanah serta meminimalisir hama dan penyakit tanaman. Mulsa plastik banyak digunakan pada budidaya tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, terong, seledri, kubis, sawi, okra, paprika dan lain sebagainya. Namun sebagian petani juga menggunakan mulsa plastik pada budidaya pepaya. Mulsa plastik memiliki warna yang berbeda yaitu hitam dan perak, warna hitam dipasang dengan posisi dibawah dan warna perak dipasang dengan posisi diatas. Warna perak pada mulsa plastik berfungsi untuk memantulkan sinar matahari ketanaman dengan tujuan untuk mencegah atau mengurangi serangan hama tanaman. Mulsa plastik efektif untuk mencegah dan meminimalisir ...

KLASIFIKASI SATUAN GEOMORFOLOGI

SATUAN GEOMORFOLOGI (Eka Novia Rosalynda / 1525010015) Geomorfologi merupakan ilmu pengetahuan tentang bentuk-bentuk permukaan bumi atau roman muka bumi dan perubahan-perubahan yang terjadi pada bumi itu sendiri karena adanya kekuatan-kekuatan yang bekerja baik dari luar dan dalam bumi. Di mana geomorfologi yang merupakan cabang dari ilmu geografi, memperlajari tentang bentuk muka bumi, yang meliputi pandangan luas sebagai cakupan satu kenampakan sebagai bentang alam sampai pada satuan terkecil sebagai bentuk lahan. Hubungan geomorfologi dengan kehidupan manusia adalah dengan adanya pegunungan-pegunungan, lembah, bukit, baik yang ada didarat maupun di dasar laut. Dan juga dengan adanya bencana alam seperti gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya yang berhubungan dengan lahan yang ada di bumi yang juga mendorong manusia untuk melakukan pengamatan dan mempelajari bentuk geomorfologi yang  ada di bumi. Baik yang berpotensi berbahaya maupun aman, sehingga dilak...

Apa itu SIG ?

SIG adalah Sistem Informasi Geografis.  Sistem merupakan sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi adalah data yang diolah. Georafis adalah mempelajari tentang keadaan/gambar bumi. berarti, Sistem Informasi Georafis adalah sistem berbasis komputer yang mengolah data berupa keadaan/gambar bumi.pengertian lainnya tentang SIG menurut para ahli antara lain: Menurut Prahasta  : SIG merupakan sejenis  software  yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya. Menurut Alter  :   SIG adalah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data, sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta. Sistem Informasi Geografis dibagi menjadi dua kelompok yaitu sistem manual (analog), dan sistem otomatis (yang berbasis digital komputer). Perbedaan yang paling mendasar terletak pada cara pengelolaanny...